Harga masker N95 yang semakin mahal



Sejak wabah virus corona merebak di China. Dan benda paling dicari dalam keadaan seperti ini adalah masker. Akibatnya, permintaan masker melambung tinggi. Hal ini kemudian menyebabkan harga masker meroket hingga ratusan persen.  masker n95 harga yang meroket tinggi dan paling dicari.

Dalam kondisi normal, harga masker jenis N95 hanya Rp 200.000 per kotak berisi 20 lembar atau setara Rp 10.000 per lembar. Tapi beberapa waktu lalu harga masker jenis ini sempat melambung hingga Rp 1,3 juta per kotak.

Beberapa waktu lalu, harga masker jenis ini sempat turun. Tapi kini harganya melambung lagi. Pengecekan kumparan di toko online, harga yang ditawarkan berkisar Rp 750.000 hingga Rp 800.000 per kotak. Bahkan ada yang menawarkan Rp 100.000 per buah atau setara Rp 2 juta per kotak (isi 20 buah).

Namun, kini masker n95 semakin sulit ditemui di pasar ini. Alasannya karena, Permintaan masker dunia sangat tinggi, terutama dari negara-negara yang mengonfirmasi virus corona.

Menkes pun menilai tingginya harga masker terjadi lantaran masyarakat terlalu berlebihan menanggapi pemberitaan mengenai virus corona atau Covid-19.

Di antara berbagai jenis masker, tipe N95 yang harganya jadi mahal ini diyakini punya kualitas bagus. Menurut penjelasan pedagang, dalam satu lembar masker N95, ada banyak lapisan (ply) untuk mencegah masuknya kuman, debu, hingga virus berbahaya yang berada bebas di udara.

Masker N95 biasanya berwarna putih. Meski lapisannya lebih tebal, tapi bahannya lembut. Jika dipakai dengan benar, tidak akan susah bernafas. Selain dipakai secara umum, masker ini banyak digunakan di lingkungan pekerjaan proyek infrastruktur.

Fungsi Masker N95 adalah bisa menyaring partikel-partikel kecil di bawah 10 PM (Particulate matter) atau yang biasa disingkat dengan PM adalah suatu istilah untuk partikel padat atau cair yang ditemukan di udara. Menggunakan masker N95 lebih efektif dibandingkan penggunaan masker biasa yang hanya bisa menyaring partikel debu besar.

Sesuai dengan namanya, masker N95 bisa menyaring hingga 95% partikel di udara Masker N95 memiliki lebih dari satu lapisan filtrasi dan mampu menyaring hingga 95% partikel di udara. Oleh sebab itu, masker ini sering digunakan oleh para pegawai industri dan tenaga medis yang menangani pasien dengan berbagai virus menular.

Selain mencegah virus, masker N95 juga dapat menangkal bahaya kabut asap Saat kabut asap melanda di beberapa wilayah Indonesia, masker N95 menjadi salah satu masker yang disarankan untuk digunakan ketika berhadapan dengan paparan kabut asap. Karena, kabut asap mengandung campuran gas, zat kimia, dan partikel debu yang bisa dicegah dengan penggunaan masker N95.

Punya berbagai kelebihan, ini cara pakai masker N95 Walaupun terlihat lebih tebal dan kokoh, ternyata ada aturan khusus saat menggunakan masker untuk virus yang satu ini. Masker N95 untuk anak-anak tidak dianjurkan. Selain anak-anak, ibu hamil dan pengidap penyakit paru-paru kronik sebaiknya mengurangi penggunaan masker ini. Dikarenakan desain masker N95 yang cukup ketat dan bisa membuat sulit saat bernafas.

Selain itu, sebaiknya masker ini diganti setelah penggunaan selama 8 jam. Karena setelah 8 jam, masker dinilai sudah tidak efektif lagi dalam menangkal virus atau asap berbahaya. Agar penggunaannya tak sia-sia, jangan lupa memastikan tidak ada celah yang terbuka saat menggunakan masker N95.dan sekarang masker jenis ini menjadi barang yang langka dengan harga yang mahal.